-->

Cara Menjalankan Custom Error Dengan Htaccess

Friday, December 25, 2020

Hallo gan.
Kembali lagi di blog sederhana gw, Oke pada artikel kali ini gw akan kasih tutorial ke kalian cara menjalankan custom error dengan htaccess.

Bagi yang belum tau htaccess itu apa berikut pengertian dari htaccess.

Apa itu htaccess?

htaccess merupakan ASCII file yang bisa anda buat melalui notepad. Htaccess ( hypertext access ) adalah file ekstensi tanpa nama. File ini akan memberikan dampak keseluruh folder yang akan diload oleh apache server.

Dengan file ini, kamu bisa mengnonaktifkan fitur atau fungsi yang berada di webserver apache seperti pengalihan URL, kompresi file, caching dan lainnya hanya dengan menambahkan beberapa baris kode pada file tersebut. Kesalahan sekecil apapun ketika mengupdate atau mengubah htaccess bisa membuat situs kamu tidak bisa diakses. Karna itu, pastikan anda menyalin kode dengan baik dan tepat. Lalu bagaimana sih cara menjalankan custom error dengan htaccess? mari simak ulasan berikut ini.

Siapkan tema error 404 dan 403

Tahap awal dari cara custom error dengan htaccess adalah membuat tema error 404 dan 403, Kamu bisa mendesain sendiri temanya atau di google juga sudah banyak yang menyediakannya untuk kamu 😂

Salin kode dibawah ini lalu save dengan nama .htaccess

<IfModule mod_rewrite.c>
Options -Indexes
ErrorDocument 403 /403.php
ErrorDocument 404 /404.php

RewriteEngine on
RewriteCond %{REQUEST_URI} !^/[0-9]+\..+\.cpaneldcv$
RewriteCond %{REQUEST_URI} !^/\.well-known/acme-challenge/[0-9a-zA-Z_-]+$
RewriteCond %{REQUEST_URI} !^/\.well-known/pki-validation/[A-F0-9]{32}\.txt(?:\ Comodo\ DCV)?$
Options All -Indexes
RewriteEngine on
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME}.php -f
RewriteRule ^(.*)$ $1.php
</IfModule>


Lalu tekan save. Maka otomatis tema errornya akan berubah sesuai tema kalian. Oke sepertinya sudah cukup. Sekian terimakasih.