-->

Google Dork, Penjelasan Lengkap Mengenai Google Dork

Monday, January 11, 2021

 

Google dork atau biasa disebut Google hacking sering digunakan para peretas terutama Defacer dan Carder untuk melancarkan aksinya. Hanya dengan satu kata kunci saja mereka bisa mendapatkan ratusan website untuk dijadikan target.

Pertanyaannya disini adalah, Apasih Google dork itu? apa fungsi dari Google dork ini?

Pastinya bagi orang awam tidak pernah mengerti tentang hal itu. Tidak masalah, dalam artikel ini saya akan menjelaskan tentang apa itu Google dork

Apa itu dork?

Dork adalah sebuah tindakan memasukkan kata kunci pada mesin pencari untuk mencari celah keamanan pada suatu website dengan tujuan peretasan. Teknik ini biasa disebut dorking atau mencari secara detail.

Dork sering digunakan para peretas untuk mencari website yang rentan keamanannya (Vuln) yang nantinya akan dijadikan target peretasan.

Fungsi Google dork sendiri adalah untuk mencari informasi spesifik pada website yang dicari sesuai kata kunci yang dimasukkan pada mesin pencari Google.

Bagaimana cara menggunakan google dork?

Google dork memiliki banyak jenis yang dapat digunakan sesuai kebutuhan, Berikut penjelasannya.

Banyak jenis-jenis dork dan setiap byte memiliki fungsi yang berbeda, Berikut penjelasannya.

  • Inurl & Allinurl. inurl digunakan untuk menampilkan URL website yang mengandung kata kunci yang dituliskan, Semisal ketika mencari informasi mencari informasi seputar belajar SEO, Kamu bisa menggunakan inurl:/belajar-seo atau allinurl:/belajarseo. Maka yang muncul hanyalah URL yang mengandung kata kunci belajar SEO.

Penggunaan inurl dan allinurl

  • Intitle, intitle digunakan untuk menampilkan kata kunci yang berada di judul suatu website. Contohnya intitle:"Upload file" Maka yang muncul hanyalaj website website yang mengandung kata Upload file pada judul postingannya.

Penggunaan intitle

  • Site, Site digunakan untuk menampilkan website yang menggunakan domain tertentu misalnya site:.co.id maka yang akan muncul hanyalah website yang menggunakan domain co.id atau bisa juga site:google.com maka yang akan muncul hanyalah URL dari website tersebut.

Penggunaan site

  • Intext, Intext digunakan untuk menampilkan website yang di dalamnya mengandung kata kunci yang di cari, Misalnya intext:"Cirebon" Maka yang muncul hanyalah website yang mengandung kata Cirebon didalamnya, Entah dibagian URL, Judul atau yang lainnya

Penggunaan intext

  • Filetype, File type ini digunakan untuk mencari file berdasarkan ekstensinya, Entah itu pdf, txt, php atau yang lainnya, Misalnya filetype:php maka yang muncul hanyalah situs-situs yang menyediakan file bertype docx yang siap untuk di tampilkan.

Penggunaan filetype


Mengembangkan Google dork untuk informasi yang lebih akurat

Bagaimana caranya? Kamu bisa menggabungkan beberapa jenis dork diatas menjadi satu untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat.

Misalkan kamu mencari halaman admin dari website yang memakai domain id maka kamu hanya perlu memasukkan intitle:"Admin Login" site:id, Maka yang muncul adalah semua situs id yang terdapat halaman admin loginnya.

Mengembangkan google dork

Kamu bisa menggunakannya untuk mendapatkan apa yang kamu cari menggunakan Google dork ini.


Mengapa Google dork sering digunakan hacker?

Seperti yang sudah saya singgung di pembuka artikel ini, Google dork biasa disebut Google hacking.

Dengan Google dork, Seorang peretas bisa dengab=n mudah mencari bagian website yang manakah yang rentan terhadap peretasan.

Contohnya mereka ingin melakukan deface terhadap website dengan menggunakan metode bypass admin login. Seorang peretas bisa mencari dimana letak admin login pada website tersebut dengan google dork inurl:/admin/login.php

Setelah mendapatkan beberapa website yang mengarah pada halaman admin login, Mereka bisa mencari satu persatu website yang admin loginnya bisa di bypass.

Jika dikembangkan akan lebih banyak lagi website-website yang muncul lebih spesifik sesuai yang mereka cari.

Setelah mengetahui hal diatas, Sebenernya siapa sih yang salah? pihak Google dengan kesalahan sistemnya atau sebuah website yang keamanannya masih lemah? Saya juga kurang tau, Hehe 😃

Itulah penjelasan sedikit tentang pengertian, fungsi dan jenis google dork. Saya harap dengan ini bisa menambah ilmu kamu tentang dunia Internet.

Semoga bermanfaat!